Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Ampuh Meningkatkan Prestasi Di Sekolah, Ubah Gaya Belajarnya!

Siapa sih yang tidak ingin berprestasi dalam bidang akademik? Mendapatkan nilai bagus meskipun aktif di berbagai kegiatan jadi impian banyak siswa. Apalagi yang bersekolah di international middle school in Jakarta, dima tingkat persaingannya kian ketat.

Sayangnya, ada banyak faktor yang membuat seseorang mengalami kesulitan dalam meningkatkan prestasi akademiknya. Nah, agar nilaimu makin meningkat, pahami apa saya jadi gangguan selama belajar dan temukan cara ampuh untuk meningkatkan konsentrasi, Berikut ini tips belajar untuk meningkatkan prestasi akademik yang bisa kamu sontek.

1. Kenali Hal-Hal yang Mengganggu Konsentrasi Belajar

Sudah belajar berjam-jam tapi masih tidak paham dengan materi yang dipelajari? Jangan buru-buru menyalahkan mata pelajarannya jika kamu mengalami hal tersebut. Bisa jadi, kamu kesulitan konsentrasi karena terdistorsi oleh hal lain.

Dilansir dari Suara, ada beberapa faktor yang mengganggu konsentrasi belajar sehingga kesulitan memahami materi. Salah satunya adalah kamu memikirkan hal lain di luar pelajaran, seperti masalah percintaan atau urusan keluarga.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa anak-anak yang memasuki usia remaja mulai tertarik dengan lawan jenis. Perasaan semacam ini seringkali susah dikontrol sehingga mengganggu konsentrasi. Selain itu, belajar dalam kondisi lapar dan tubuh yang tidak fit juga bisa membuatmu sulit berkonsentrasi. Dengan mengenali hal-hal apa saja yang membuat terdistraksi akan memudahkanmu dalam menghindarinya.

2. Ubah Suasana Belajar Jadi Lebih Menyenangkan


Menurunnya prestasi akademik ternyata juga bisa disebabkan oleh suasana belajar yang monoton. Suasana yang itu-itu saja akan membuatmu tidak bersemangat dalam mengulang pelajaran saat di rumah. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan hal-hal kecil seperti menyesuaikan pencahayaan kamar agar lebih nyaman.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan humidifier agar udara di kamar terasa makin segar dan membuat mood lebih baik. Hal simple lain yang bisa dilakukan untuk membuat suasana belajar lebih nyaman adalah membersihkan meja belajar dari barang-barang yang mengganggu.

3. Mulai Dari Pelajaran yang Kamu Suka

Melansir dari Pijar, fokus belajar ke mata pelajaran yang paling disukai terlebih dahulu bisa membuatmu makin semangat. Misalnya, kamu menyukai materi bahasa asing di international middle school in Jakarta, seperti bahasa Inggris, China, Jerman, dan lain sebagainya. Nah, kamu bisa mulai belajar dari mata pelajaran tersebut.
setelah selesai, kamu bisa melanjutkan ke mata pelajaran lainnya. Metode ini akan memudahkanmu dalam menguasai semua mata pelajaran. Selain itu, mood-mu tidak akan hancur dengan mendahulukan mata pelajaran yang paling dikuasai terlebih dahulu.

Untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar, sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Selain tiga cara di atas, kamu bisa mencoba mendengarkan musik klasik selama belajar. Namun, jika kamu tipe orang yang sulit berkonsentrasi jika ramai, maka pilihlah tempat belajar yang sepi agar lebih nyaman.

Posting Komentar

0 Komentar