Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Tepat Mendidik Buah Hati Agar Menjadi Anak Sholih


Rozak's Blog - Cara tepat mendidik anak agar bisa menjadi anak yang sholih tentu saja banyak dicari dan diterapkan oleh orangtua. Sebab, anak merupakan ladang emas bagi orangtua. Baik di dunia maupun di akhirat kelak, anak akan menjadi penjaga dan penyelamat orangtuanya.

Anak yang sholih pun menjadi salah satu dari tiga amal jariyah, yang pahalanya akan dikirimkan kepada orangtua meskipun orangtua telah tiada. Hal ini tentu saja menjadikan setiap orangtua ingin anaknya menjadi anak yang sholih dan membanggakan.

Apabila Anda menginginkan sang anak menjadi anak yang sholih, berikut beberapa tips bagi Anda dalam mendidik mereka:

Menjadi Contoh bagi Sang Anak
Satu teladan lebih baik dari pada seribu nasehat. Hal tersebut memang benar adanya. Cara yang paling utama dalam mendidik anak agar menjadi sholih adalah dengan menjadi contoh bagi anak kita. Anak cenderung akan mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh orangtuanya, sehingga jika orangtua mencontohkan hal-hal baik, maka demikian pula sang anak. 

Oleh karena itu, langkah pertama untuk bisa mendidik anak agar sholih adalah dengan merubah diri kita menjadi orangtua atau calon orangtua yang baik. Perbaikan yang bisa kita lakukan adalah dengan tertib mengerjakan ibadah wajib, gemar beribadah sunnah, bertutur kata yang baik, bersopan santun, atau memiliki budi pekerti yang baik.

Memberikan Perhatian dan Kasih Sayang
Karakter dan pribadi anak ditentukan oleh orangtuanya. Jika orangtuanya memberikan perhatian dan kasih sayang, maka sang anak pun akan belajar untuk bisa memberikan perhatian dan kasih sayang kepada orangtuanya.

Selalu berikan perhatian dan kasih sayang kita kepada anak dengan batasan tertentu atau tidak terlalu berlebih, sebab justru akan membentuk anak menjadi manja. Sembari bermain bersama, berkumpul bersama, berikan pendidikan-pendidikan dasar tentang berperilaku yang baik, bertutur kata yang baik dan sebagainya.

Menjelaskan Makna Ibadah
Orangtua pasti sangat menginginkan memiliki anak yang sholih dan ahli ibadah. Ajarkan pada anak tata cara beribadah yang baik dan benar. Bersama dengan tata caranya, berikan pemahaman kepada sang anak terkait dengan makna dari ibadah itu sendiri.

Jika anak telah memahami makna dari ibadah yang dilakukannya, maka ia akan memiliki niat yang tulus dalam beribadah dan menjadi anak yang sholih, insyaallah.

Tempatkan Anak di Lingkungan yang Baik
Lingkungan mampu memberikan pengaruh yang sangat besar pada karakter dan pribadi anak. Lingkungan menjadi pengaruh kedua bagi anak untuk mendapatkan pembelajaran tentang hidup. Maka dari itu, tempatkan anak di lingkungan yang baik.

Ajak dan kenalkanlah anak dengan TPA atau sejenisnya, sehingga anak akan terbiasa dengan lingkungan yang baik dan religius. Selain itu, melalui lingkungan seperti ini, pendidikan agama yang tidak bisa diajarkan oleh orangtua pun akan diajarkan oleh pengampu TPA atau sejenisnya.

Mendoakan Anak agar Menjadi Anak yang Sholih
Semua usaha yang telah dilakukan untuk membentuk anak yang sholih harus diimbangi dengan doa kepada Allah SWT. Doa orangtua untuk anak-anaknya adalah doa yang mustajab atau akan dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, selain berusaha dengan berbagai cara, jangan sampai lupa selalu mendoakan sang anak agar bisa menjadi anak yang sholih, berbakti kepada orangtua, dan memberikan keberkahan di dunia dan di akhirat. 

Cara tepat mendidik anak agar sholih ini tidak hanya untuk orangtua yang telah memiliki anak saja, melainkan juga untuk semua orang. Suatu saat, meskipun saat ini belum berkeluarga, setiap orang pasti akan berkeluarga dan menjadi orangtua (jika Allah mengizinkan).

Posting Komentar

0 Komentar