Ticker

6/recent/ticker-posts

Lewat Beasiswa Pendidikan, UPER Berupaya Kembangkan Energi Masa Depan

UPER berikan beasiswa pendidikan untuk kembangkan energi masa depan

Di Indonesia, dari total 890 sumur migas yang ada, sebanyak 540 atau 60%-nya berada di Provinsi Riau. Tidak hanya migas, Riau juga menyimpan potensi besar EBT (Energi Baru Terbarukan). Di antaranya adalah energi surya yang mencapai 753 sampai 1.700 mega watt (MW), panas bumi 20 MW dan tenaga air mencapai 961,84 MW.

Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D, Rektor Universitas Pertamina (UPER) menanggapi hal tersebut dengan menyatakan bahwa dibutuhkan sumber daya manusia berkualitas untuk bisa mengoptimalkan potensi energi bumi lancang kuning. Beliau juga mengatakan Universitas Swasta Unggulan UPER sebagai kampus teknologi dan bisnis unggulan bentukan Pertamina akan siap mendukung pembentukan SDM masa depan Riau.

Rektor UPER menyampaikan hal ini dalam peluncuran Program ‘Beasiswa Prestasi’ di Gedung Rumbai Country Club pada Kamis, (05/01/23). Pada kesempatan itu, hadir pula Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati; Direktur Utama Pertamina Hulu Energi, Wiko Migantoro; Direktur Utama Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari; Direktur Utama PHR Jaffee A Suardin serta pimpinan pemerintah dan akademisi Provinsi Riau.

Pertamina Hulu Rokan dan Pertamina Foundation meluncurkan program beasiswa yang ditujukan bagi putra-putri asal Riau. Sebanyak 12 orang akan memperoleh kesempatan meraih pendidikan ke jenjang lebih tinggi, yakni dua orang untuk beasiswa S2 di Amerika Serikat dan sepuluh siswa-siswi lain akan menikmati beasiswa S1 di Universitas Pertamina.

Beasiswa Pendidikan Untuk Kembangkan Potensi Energi Masa Depan

Salah satu putra asli Riau, Apri Roni Ikhtiar saat ini tengah berjuang meraih mimpi melalui beasiswa di UPER. Roni mengatakan beasiswa dari UPER memberikannya pengalaman riil dalam mewujudkan cita-cita sebagai Expert CFD Simulation Engineer di ranah teknik mesin yang dia tekuni.

Mahasiswa Teknik Mesin UPER angkatan 2019 ini juga mengatakan bahwa dalam ekosistem Pertamina, membuat dia merasakan manfaat kedekatan dengan industri. Roni berkesempatan terlibat dalam riset untuk mengembangkan energi terbarukan berbasis energi surya di desa wilayah Bogor, juga proyek micro hydro power di salah satu sungai di Bengkulu.

Untuk meluaskan akses pendidikan, Rektor UPER juga beraudiensi dengan Pimpinan Lembaga Adat Melayu Riau (LMAR). Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA), Datuk Seri H. Marjohan Yusuf menyambut baik kesempatan kerja sama ini. Datuk Seri Yusuf mengatakan semoga kesempatan sinergi dengan UPER bisa membawa kemanfaatan bagi putra putri masyarakat adat Riau.

Prof. Wirat juga mengatakan sangat bangga karena bisa diterima oleh bapak-bapak Datuk pimpinan LAMR. Riau sebagai salah satu produsen energi terbesar, memiliki kontribusi yang sangat luar biasa bagi Indonesia. Untuk itulah, Universitas Pertamina ingin bersinergi dengan LAMR guna meningkatkan pendidikan putra putri asli Riau melalui Beasiswa Prestasi, kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Nah, bagi siswa/i yang tertarik dengan pengembangan energi, Kampus Berkualitas di Jakarta ini sedang membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (Non Tes) Periode Januari 2023 Tahun Akademik 2023/2024. Informasi selengkapnya terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran bisa dilihat di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id.

Posting Komentar

0 Komentar