Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Konseling Psikolog Klinis Untuk Rehabilitasi Narkoba

Seperti diketahui, para pasien narkoba merupakan masalah masyarakat yang tidak ada habisnya. Seorang pecandu dalam masa rehabilitasi narkoba butuh yang namanya pendampingan psikolog untuk memulihkan mentalnya. Karena sejatinya korban yang harus ditolong saat rehabilitasi adalah para pecandu ini untuk memulihkan kecanduannya tersebut.

Sebab para pasien butuh orang-orang yang peduli dan ini tersedia di klinik rehabilitasi narkoba. Karena orang yang kecanduan tidak hanya harus disembuhkan fisiknya tapi juga mentalnya yang terkena. 

Peran Psikolog Klinis Bagi Pecandu Narkoba

Adapun program rehabilitasi narkoba yang akan dilakukan oleh psikolog klinis dilalui dengan dua tahap. Yang pertama ada tahap rehabilitasi medis dan kedua tahap rehabilitasi dengan proses penanganan yang berbeda.

Tahap Rehabilitasi Medis

Di mana pada tahap ini pasien akan didiagnosa terlebih dahulu terkait dampak narkoba pada tubuh. Setelah itu para pasien akan menjalani tindakan agar bisa putus zat lewat proses detoksifikasi, yang pastinya didampingi oleh para tenaga medis.

Terlebih dahulu para pecandu menjalani asesmen medis awal kemudian pemeriksaan kesehatan secara berkala dan dilanjutkan dengan terapi medis dalam jangka waktu tertentu. Umumnya waktu yang dibutuhkan adalah 14 sampai 30 hari.

Tahap Rehabilitasi Sosial

Kemudian masuk ke tahap rehabilitasi sosial. Di mana para pasien akan diberikan edukasi soal pemahaman bahaya narkoba. Setelah itu pasien dibantu untuk meningkatkan kemampuan sehingga bisa menjalani fungsi sosialnya seperti sediakala.

Biasanya pada tahapan ini dilakukan selama 2 sampai 5 bulan di mana para pasien akan melakukan konseling bersama dengan psikolog di klinis dan konselor senior. Pada tahapan ini akan ditemukan sumber persoalan yang membuat pasien bisa kecanduan narkoba dan ditemukan juga pemecahan atau solusinya. 

Tentu saja rehabilitasi narkoba harus dilakukan oleh ahlinya dan tidak boleh oleh sembarangan orang. Agar rehabilitasi memang benar-benar dijalani dengan maksud pasien sembuh dari kecanduan. Pusat rehabilitasi narkoba terbaik saat ini adalah Pusat Rehabilitasi Narkoba Ashefa Griya Pusaka yang merupakan pusat rehabilitasi swasta namun lengkap dan terintegrasi untuk para pasien.

Kehadiran pusat rehabilitasi ini tentu saja dapat membantu memberikan layanan ke masyarakat agar bisa menjalani rehabilitasi narkoba yang berkualitas. Selain itu, para pasien juga bisa mendapatkan tenaga medis profesional dan bersertifikasi. Ashefa Griya Pusaka memiliki tiga program untuk pemulihan pasien narkoba yakni 3P yang terdiri dari Pulih, Pengembangan Diri dan Produktif. Informasi lebih lengkap mengenai artikel ini, bisa langsung kunjungi website resmi Tempo yang menghadirkan berbagai informasi berimbang dan sesuai fakta.

Posting Komentar

0 Komentar