Ticker

6/recent/ticker-posts

Anak Kuliah di Luar Negeri? Begini Bentuk Dukungan Orang Tua

Ketika anak berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, maka orang tua harus memahami apa saja persiapannya karena itu bukan suatu hal yang mudah. Ada banyak persyaratan dan dokumen yang harus kita siapkan sebelum mendaftar ke universitas luar negeri.

Sebagai orang tua yang baik, kita tentu harus mendukung dan mendampingi anak agar cita-citanya mendapatkan beasiswa luar negeri dan berkuliah di sana bisa tercapai. Berikut ini adalah beberapa bentuk dukungan dan bantuan yang bisa orang tua berikan keapda anak untuk kuliah di luar negeri. Simak baik-baik! 

Diskusikan Tujuan dan Rencana Pendidikan Bersama Anak

Kita selaku orang tua perlu mendiskusikan terlebih dahulu bersama anak mengenai tujuan dan rencananya saat berkuliah di luar negeri dan setelah lulus nanti. Kita bisa mendampinginya dalam memilih jurusan, universitas serta negara tujuan untuk berkuliah.

Pastikan bahwa anak sudah yakin mengenai pilihannya, beritahu pula mengenai tantangan yang kemungkinan dia akan hadapi nanti. Namun, jangan lupa yakinkan anak bahwa kita akan selalu mendukung semua keputusannya. 

Siapkan Biaya Anak Kuliah di Luar Negeri

Tidak bisa dipungkiri, biaya menjadi salah satu hal yang benar-benar disiapkan ketika anak kuliah di luar negeri. Biasanya, biaya-biaya tersebut meliputi biaya pendaftaran universitas, tes kemampuan bahasa, jasa translator tersumpah, visa, paspor dan sebagainya. Saat anak sudah berada di luar negeri, kita pun harus menyiapkan living cost, tuition fee dan biaya lainnya.

Maka dari itu, kita perlu melakukan budgeting dan menyiapkan biaya-biaya yang dibutuhkan untuk study abroad anak. Saat ini juga sudah banyak beasiswa kuliah di luar negeri yang tersedia. Cari informasi mengenai beasiswa-beasiswa tersebut bersama anak, dan siapkan segala persyaratan untuk mendaftar beasiswa. 

Cari Bimbingan atau Jasa Konsultasi Study Abroad untuk Anak

Agar rencana dan persiapan anak lebih matang saat kuliah di luar negeri, kita selaku orang tua bisa mencarikan bimbingan atau jasa konsultasi pendidikan yang berpengalaman.

Hal ini akan membantu kebutuhan anak, mulai dari menentukan institusi yang tepat, membantu proses pendaftaran hingga membimbing saat tes universitas. Dengan adanya bantuan pembimbing dan konsultan, maka persiapan masuk universitas luar negeri akan terasa lebih mudah dan lebih matang.

Nah, Schoters bisa menjadi pilihan dalam mencari lembaga bimbingan dan konsultasi persiapan kuliah luar negeri yang terpercaya. Banyak konsultan expert yang siap membantu anak mempersiapkan diri mendaftar kuliah di luar negeri dengan beasiswa.

Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap, silakan kunjungi lamannya di schoters.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar