Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil

Insomnia kerap kali dialami oleh banyak orang, tak terkecuali ibu hamil. Ibu hamil yang sedang insomnia kerap kali mengalami kesulitan ketika ingin tidur, maupun sering terbangun pada malam hari dan tidak bisa tidur lagi. Menurut penelitian gangguan insomnia kerap kali dialami pada masa kehamilan trimester ketiga, serta dipengaruhi oleh kadar perubahan hormon. 

Gangguan tidur tersebut tentunya dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Berbagaimacam cara dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia salah satunya ialah mencari Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, selain itu terdapat beberapa cara lainnya untuk mengatasinya, simak artikel berikut.

1. Jaga Emosi

Hal pertama yang perlu Moms lakukan ialah mengontorol emosi. Dalam masa kehamilan biasanya seorang ibu hamil memiliki banyak kekhawatiran - kekhawatiran memikirkan sesuatu yang terlalu over. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus tentu akan membuat Moms susah tidur. Untuk mencegahnya Moms bisa membagi kekhawatiran tersebut dengan saling cerita terhadap pasangan atau teman-teman Moms. 

Moms juga dapat melakukan mediasi atau yoga ringan untuk ibu hamil. Konon jika melakukan aktivitas tersebut, dapat mengontrol pikiran serta membuatnya tenang. Moms juga dapat menyalurkan pikiran-pikiran tersebut dengan menuliskannya pada sebuat notes atau buku. Dengan begitu saat akan tidur tidak ada lagi perasaan yang mengganggu.

2. Hindari Kafein dan Coklat

Moms pasti sudah tau jikalau mengonsumsi kafein maka akan membuat orang menjadi sukit tidur. Untuk itu Ibu hamil yang mengalami insomnia disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, cokelat dan yang lainnya, terutama di sore hari. 

Moms bisa mengganti konsumsi minuman tersebut dengan air putih, jus buah, atau susu. Meminum susu hangat sebelum tidur dipercaya dapat membuat ngantuk serta membuat tidur menjadi nyenyak loh. 

3. Buat Pola Tidur Secara Rutin

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah membuat pola tidur yang sama secara rutin. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Pilihan yang baik sebagai mengantar kebiasaan ini bisa dilakukan dengan membaca bacaan ringan, mendengarkan musik yang menenangkan, melakukan yoga atau relaksasi, serta mandi air hangat. 

Selain pola tidur mandi air hangat membuat rileks dan menyegarkan badan. Mandi air hangat juga meningkatkan kualitas tidur, membuat anda bisa tertidur dengan nyenyak di malam hari. Ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan sakit kehamilan.

4. Perhatikan Posisi Tidur

Perhatikan posisi tidur pada ibu hamil juga tak kalah pentingnya. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil ialah tidur dengan posisi miring ke kiri semi tegak disertai bantal yang menyanggah tubuh bagian atas ibu hamil. Posisi tidur miring ke kiri memberikan banyak manfaat bagi keamaan dan kenyamanan Moms. 

Dengan tidur miring ke kiri, Moms akan memaksimalkan sirkulasi darah dan dapat memberikan darah yang penuh oksigen serta nutrisi untuk si kecil tanpa perlu menekan organ hati. 

Itu dia beberapa tips untuk mengatasi insomnia pada ibu hamil. Semoga membantu, dan jika masalah masih tidak teratasi maka disarankan untuk menghubungi dokter kandungan ya Moms.

Posting Komentar

0 Komentar