Ticker

6/recent/ticker-posts

Seberapa Baik Beras Hitam untuk Kesehatan Otak? Ini Faktanya

Sumber foto: Google

Kamu tahu tentang beras hitam? Kalau belum wajar kok, karena masih cukup jarang dijadikan menu makanan sehari-hari ketimbang jenis beras lainnya.

Nasi hitam hitam sendiri mempunyai tekstur lengket dengan cita rasa gurih mirip kacang sehingga cocok dijadikan bubur, makanan penutup atau kue. Tekstur beras hitam juga lebih padat ketimbang beras putih. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang beras hitam, simak dulu artikel berikut ini! 

Kandungan Nutrisi Dalam Beras Hitam

Beras hitam mengandung antosianin yang bagus untuk meningkatkan fungsi otak. Yaitu mengurangi gangguan memori hingga menekan risiko penyakit demensia, alzheimer dan depresi.

Dalam sebuah penelitian lainnya yang dilakukan selama enam tahun pada 16.000 orang dewasa menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi antosianin dalam jangka panjang mampu memperlambat penurunan kognitif sampai 2,5 tahun.

Mengkonsumsi beras hitam juga dapat meningkatkan daya ingat serta mencegah penuaan dini pada otak.

Kaya Akan Antioksidan

Antosianin di beras hitam tentu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Antosianin dapat mencegah penyakit jantung. Selain itu, senyawa ini juga dapat mengatasi peradangan yang merupakan penyebab paling umum dari penyakit asma, arthritis sampai kanker.

Dalam satu sendok nasi hitam terkandung antioksidan yang jauh lebih banyak dibandingkan blueberry dengan jumlah sama. Padahal, blueberry menempati posisi pertama dari 40 jenis buah dan sayuran lain yang mengandung antioksidan.

Tinggi Protein

Semangkuk nasi hitam memiliki karbohidrat yang lebih rendah ketimbang beras merah. Namun lebih banyak mengandung serat dan protein. Dalam 100 gram beras hitam menyediakan 17% dari kebutuhan protein harian.

Protein sendiri dibutuhkan oleh hampir seluruh bagian tubuh, termasuk kulit, otot, tulang dan rambut. Protein mampu memproduksi enzim yang bisa merangsang proses pengiriman oksigen ke seluruh tubuh.

Bebas Gluten

Seperti jenis beras lainnya, secara alami beras hitam bebas gluten. Gluten adalah sejenis protein yang biasanya ditemukan dalam seluruh produk yang mengandung gandum atau barley.

Karena itulah, beras hitam bisa menjadi alternatif bahan pangan bagi mereka yang menderita penyakit celiac atau alergi gluten.

Sebagai informasi, gluten bisa memicu efek samping seperti nyeri perut dan kembung pada orang-orang yang alergi atau sensitif terhadap gluten.

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral

Berbagai manfaat dari beras hitam tentu tidak bisa lepas dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Beras hitam memiliki banyak vitamin dan mineral penting, seperti vitamin E, B1, B2, B3, B6, mineral zinc, fosfor dan magnesium.

Vitamin B kompleks dapat membantu tubuh melepaskan energi dan mengolahnya dengan efektif untuk beraktivitas seharian. Sedangkan magnesium dan zat besi membantu mencegah sindrom 3L (lelah, letih, lesu).

Satu porsi nasi hitam cukup untuk memenuhi 8% asupan harian untuk 6% zat besi, zinc dan 20% fosfor. Zinc adalah mineral yang membantu kinerja sistem kekebalan tubuh, sedangkan fosfor untuk pembentukan tulang dan gigi.

Itulah manfaat beras hitam untuk kesehatan otak dan berbagai nutrisi di dalamnya. Nah, untuk kamu yang ingin membeli berbagai bahan pangan organik dan bernutrisi, langsung saja cek di sini!

Posting Komentar

0 Komentar