Ticker

6/recent/ticker-posts

Penting! Inilah Manfaat Laporan Penjualan Bagi Perusahaan

Saat memutuskan untuk memulai sebuah usaha, baik skala kecil, menengah hingga besar, kita harus memahami bahwa jenis usaha berskala apapun memerlukan laporan penjualan yang jelas. Pasalnya, pencatatan administrasi yang dibuat dengan detail dan rapi akan membantu usaha kita semakin berkembang.

Salah satu acuan dalam mengetahui seberapa besar perkembangan usaha kita selama ini adalah adanya laporan penjualan atau pembukuan keuangan. Tanpa adanya laporan penjualan, kita juga akan kesulitan melihat keuntungan dari usaha yang dijalankan.

Berikut Psikonesia akan mengulik manfaat atau pentingnya laporan penjualan bagi sebuah usaha. Simak ulasannya sampai tuntas, ya! 

Menjadi acuan dalam mengambil sebuah keputusan

Semua bisnis pastinya akan melakukan pemeriksaan pencatatan keuangan atau audit. Hal ini dilakukan agar kita bisa melihat bagaimana kondisi keuangan selama usaha berjalan dan berapa keuntungan yang diperoleh.

Apabila keuntungan yang kita dapat bisa mencapai target, itu berarti sistem pengelolaan keuangan lama bisa digunakan kembali. Sebaliknya, jika mengalami kerugian maka perlu adanya perubahan dalam sistem pengelolaan keuangannya.

Laporan penjualan inilah yang nantinya akan membantu memberikan solusi terbaik bagi bisnis kita agar mampu mendapatkan laba yang lebih besar. 

Data valid sebagai dasar evaluasi

Dengan memiliki laporan penjualan, kita bisa melihat jelas apakah usaha yang sedang berjalan saat ini mendapatkan keuntungan sesuai target atau tidak. Sebuah usaha wajib mempunyai data yang jelas terkait besarnya laba dan kerugian yang mungkin dialami.

Terlebih jika kita memiliki karyawan, laporan penjualan ini bisa menjadi data valid dalam evaluasi kemajuan atau kemunduran usaha. Ketika laporan penjualan kurang baik, kita bisa menjadikan acuan untuk melakukan evaluasi. Sehingga, bisa menghindari kerugian yang lebih besar lagi. 

Sebagai bentuk pertanggungjawaban

Rata-rata seorang pebisnis membangun usahanya menggunakan modal pribadi. Namun saat ini, sudah banyak para pelaku usaha yang menjalankan modal milik orang lain atau patungan bersama teman untuk menjalankan sebuah bisnis.

Contohnya, dalam perusahaan yang memiliki skala modal besar, biasanya mempunyai beberapa investor. Investor-investor tersebut tentunya ingin mengetahui bagaimana perputaran uang mereka. Nah, laporan penjualan ini bisa menjadi pertanggungjawaban kita kepada para investor untuk mengetahui laba dan rugi yang didapatkan.

Dapat menjadi dasar melakukan inovasi

Di era digital seperti sekarang ini, menuntut kita untuk terus berinovasi mengikuti tren konsumen agar tetap bertahan di persaingan usaha yang semakin ketat. Tentu hal ini juga harus diimbangi dengan modal usaha yang stabil.

Laporan penjualan yang rinci dan lengkap akan sangat membantu kita untuk melihat bagian mana yang perlu dilakukan perbaikan atau perubahan. Walaupun sudah mencapai target, hal ini belum bisa menjadi jaminan keuangan akan terus stabil ke depannya.

Jadi, supaya target penjualan serta keuntungan tetap bisa berjalan stabil, kita perlu melakukan inovasi dalam usaha yang diimbangi dengan rincian pada laporan penjualan. Melalui laporan penjualan, kita jadi bisa melihat mana yang akan berpeluang bagus apabila terus dikembangkan.

Itulah ulasan tentang berbagai manfaat dari adanya laporan penjualan bagi sebuah usaha. Kini, kita bisa membuat laporan penjualan secara otomatis melalui aplikasi kasir gratis dari GoBiz. GoKasir namanya, aplikasi buat laporan penjualan dan maksimalkan penghasilan.

Cukup melalui ponsel, kita sudah bisa mencatat penjualan dan pengeluaran di mana pun dan kapan pun. Bahkan, sudah lengkap dengan laporan harian juga, lho! Aplikasi ini cocok untuk semua jenis usaha, baik untuk bisnis jualan online maupun di toko.

Bagi Mitra Usaha Gojek yang sudah terintegrasi dengan layanan GoPay, bisa segera mendaftar dengan login ke aplikasi GoBiz. Informasi selengkapnya bisa dilihat pada laman resminya di gobiz.co.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar