Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara untuk Memilih Oli pada Motor Matic

Layaknya alat transportasi lain, motor juga membutuhkan pemeliharaan seperti memberikan oli pada mesin motor. Pada saat ini, sudah banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi oli.

cara untuk memilih oli pada motor matic

Salah satunya yakni Oli motor matik idemitsu terbaik yang menyediakan oli berkualitas dan tentunya aman digunakan untuk motor matic anda. Idemitsu sudah terkenal sebagai perusahaan penghasil oli pelumas yang ramah lingkungan dan bagus untuk menjaga mesin motor matic.

Cara Memilih Oli pada Motor Matic

Oli merupakan bahan yang berfungsi untuk melumasi bagian mesin motor yang mengalami pergesekan, sehingga besarnya gaya gesek pada mesin dapat diminialisir. Oli yang umum digunakan pada motor, merupakan campuran dari minyak mentah (Base Oil) dan zat aditif yang mendukung fungsi pelumas.

Memilih jenis oli dengan tepat merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, khususnya bagi anda pengguna motor matic yang rutin melakukan ganti oli. Pasalnya, kualitas oli akan mempengaruhi kinerja dari mesin sebuah motor. Dengan kata lain, awetnya sebuah motor dapat dipengaruhi oleh oli yang digunakan.

Setelah mengetahui betapa pentingnya penggunaan oli yang berkualitas, berikut ini akan disajikan beberapa cara dalam memilih oli yang benar pada motor matic.

Perhatikan Tingkat Kekentalan Oli

Setiap jenis oli memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, anda harus memilih oli dengan tingkat kekentalan yang pas. Pasalnya, oli yang terlalu encer akan cepat mengalami penguapan, dan oli yang terlalu kental akan membuat kerja mesin menjadi berat.

Cara mudah dalam memilih oli yang sesuai dengan kendaran anda adalah dengan menyesuaikan kode SAE (Society Of Automotive Engineers) yang terdapat pada manual book kendaraan dan pada kemasan oli mesin.

Memilih Oli Berstandar API

Selain tingkat kekentalannya, oli juga dapat dibedakan berdasarkan penggunaan motor itu sendiri. Sebagai contoh, motor yang melakukan tugas atau kinerja berat, tentu membutuhkan jenis oli yang berbeda dengan oli motor yang melakukan kerja ringan.

API (American Protoleum Institute) telah mengeluarkan kode yang berfungsi dalam mengidentifikasi oli berdasarkan penggunaan motornya. Oli untuk mesin motor bensin umumnya diberi tanda huruf “s”, sedangkan oli untuk mesin motor diesel diberi tanda huruf “c”. Oli yang sudah memiliki standar API, tentu sudah terjamin kualitasnya.

Memiliki Standar JASO

JASO (Japanese Automobile Standart Organization) merupakan lembaga yang memberikan penilaian terkait oli yang memenuhi kebutuhan motor. Standar JASO dapat digunakan untuk mengetahui kadar pospor dalam suatu oli.

Kode JASO, umumnya dibedakan berdasarkan gesekan mesin. Kode JASO MA digunakan untuk motor dengan gaya gesekan yang tinggi, seperti motor sport. Sebaliknya, kode JASO MB digunakan pada motor yang memiliki gaya gesekan rendah, seperti motor matic.

Menggunakan Oli yang Original

Seperti barang lainnya, oli juga dapat menjadi barang palsu apabila dicampurkan dengan bahan bahan yang terkadang justru berbahaya untuk mesin motor. Oleh karena itu, anda harus memilih oli yang yang asli atau original.

Usahakan untuk membeli oli secara langsung kepada perusahaan produsen oli. Selain terpercaya, anda juga dapat berkunjung ke website yang disediakan oleh perusahaan, sehingga anda dapat memilah dan memilih terlebih dahulu terkait oli mana yang cocok untuk motor anda.

Demikian beberapa cara memilih oli yang untuk motor matic. Setelah berhasil memilih oli yang tepat, anda juga perlu melakukan pergantian oli secara berkala, sehingga mesin motor tetap awet dan terhindar dari kerusakan akibat fungsi dari pelumasan oli yang tidak maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar