Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengantin Baru: Tinggal Sendiri atau Ikut Orang Tua?

tinggal sendiri atau bersama orang tua

Psikonesia - Anda yang hendak menikah, pasti sedang memikirkan rencana tempat tinggal yang akan dihuni setelah menikah nanti. Biasanya, Anda akan dihadapkan dalam dua pilihan, tinggal sendiri dengan mengontrak atau tinggal bersama orang tua atau mertua?

Jika biasanya yang kita tahu, istri akan ikut dengan suami setelah menikah. Namun, tidak semua seperti itu, ada juga yang ikut istrinya bahkan tinggal bertahun-tahun bersama mertua. Apabila kita memilih mengontrak, terkadang orang tua atau mertua melarang karena merasa uang yang dipunya lebih baik ditabung untuk membeli rumah sendiri daripada mengontrak rumah.

Ada kelebihan atau kekurangan dari dua pilihan sebelumnya, tergantung pertimbangan Anda dan pasangan. Berikut ulasan yang mungkin dapat membantu dalam memutuskan, apakah setelah menikah, Anda memilh mengontrak atau di rumah orang tua. Mari kita simak! 

Melatih Hidup Mandiri

“Ah, ‘kan dulu sudah pernah hidup mandiri waktu kuliah sama kerja!”

Eits, Anda pun juga harus hidup mandiri ketika sudah menikah. Hidup mandiri ketika kuliah atau bekerja, tentu berbeda dengan saat setelah menikah. Karena, Anda dan pasangan memiliki tanggung jawab dan hak-hak baru yang harus dilakukan.

Salah satu hal yang bisa didapat ketika hidup mandiri ialah, belajar mengelola dan mengatur keuangan keluarga yang terkadang harus disiasati, agar pengeluarannya tidak lebih besar dari pendapatan yang diterima. 

Tidak Merepotkan Orang tua

Banyak orang tua atau mertua yang belum rela berpisah dengan anaknya. Namun, Anda pasti tidak ingin merepotkan orang tua atau mertua terus menerus. Solusi yang tepat untuk mengurang beban mereka adalah tinggal secara terpisah. Dengan begitu, otomatis beban yang ditanggung orang tua juga berkurang, apalagi kalau Anda juga memiliki beberapa saudara. 

Menjaga Privacy

Tidak selamanya pernikahan hanya ada manis-manisnya. Anda dan pasangan akan bertengkar jika mengalami perbedaan pendapat . Pertengkaran rumah tangga yang harusnya privasi, akan banyak diketahui dan dicampuri urusannya apabila Anda tinggal bersama orang tua atau mertua.

Pasti tidak nyaman bukan? Dengan tinggal terpisah, maka privacy Anda dan pasangan akan terjaga dengan baik. Hanya Anda dan pasangan yang mengetahui kondisi rumah tangga kalian. Tentu penyelesaian masalah juga dilakukan oleh Anda dan pasangan, tanpa campur tangan orang tua atau mertua. 

Tanggung Jawab

Jika Anda sudah memutuskan untuk menikah, maka ada tanggung jawab yang harus diemban. Apalagi kalau memutuskan untuk tinggal sendiri, mulai dari perabot dan isi rumah bahkan keuangan keluarga akan berada dalam pengawasan, kontrol dan tanggung jawab Anda bersama pasangan.

Berbeda dengan tinggal bersama orang tua atau mertua. Anda merasa tidak punya kewajiban memiliki atau membeli sendiri perabot dan perlengkapan rumah lainnya. Pengaturan keuangan keluarga pun, juga mau tak mau harus melibatkan orang tua atau mertua Anda. 

Home Sweet Home

Anda dan pasangan pasti memiliki cita-cita mempunyai rumah sendiri. Bagaimana pun bentuknya, mengontrak atau membeli rumah, rumah itu akan selalu menjadi tempat pulang yang nyaman. Momen kebersamaan dengan pasangan dan anak-anak juga akan lebih terasa, sehingga bisa saling memahami satu sama lain.

Nah, kesimpulannya, bukankah memiliki dan tinggal di rumah sendiri lebih asyik? Artinya, kini saatnya Anda harus mulai mempertimbangkan untuk segera membeli rumah melalui situs pasang iklan jual rumah gratis dari PintuNow. Di sana, Anda bisa melihat-lihat informasi rumah dijual secara akurat, pun bisa menyesuaikan dengan budget sebagai pengantin baru.

Posting Komentar

0 Komentar