Ticker

6/recent/ticker-posts

Panduan Lengkap Cara Membuat Website Portofolio

cara membuat website

Sempatkah Kamu terfikir buat membuat web portofolio yang dapat diakses secara online? Berusia ini, terus menjadi banyak orang yang menjadikan internet selaku sumber data. Tidak cuma data soal harga benda ataupun review santapan, tetapi pula soal urusan mencari pekerjaan. 

Kebetulan, pada postingan kali ini kami hendak mangulas secera lengkap metode membuat web portofolio secara mandiri. Tidak hanya dapat dijadikan selaku projek individu, metode ini pula diharapkan sanggup menolong para teman yang masih kesusahan mencari pekerjaan akibat pandemi. 

Berartinya Membuat Web Portofolio 

Mempunyai web portofolio memanglah membagikan Kamu banyak keuntungan. Mulai dari kemampuan memperoleh klien dari mesin pencari, sampai mempermudah arsip karya dari project yang sempat terbuat. 

Berikut merupakan bermacam khasiat lain yang dapat Kamu miliki dari web portofolio online: 

  • Tingkatkan personal branding serta pula online presence Kamu. 
  • Portofolio web dapat membuat Kamu nampak lebih professional. 
  • Sebab bertabiat online, portofolio web dapat jadi media promosi 24/ 7. 
  • Portofolio web pula dapat memudahkan komunikasi dengan employer. 

Metode Membuat Web Portofolio 

Membeli Nama Domain 

Langkah awal saat sebelum membuat web merupakan melaksanakan studi serta mendaftarkan nama domain. Proses ini tidak rumit, sebab umumnya seseorang handal hendak memakai domain dengan nama individu, bidang karier, ataupun brand yang telah diketahui. 

Selaku contoh, bila teman ialah seseorang penulis, hingga Kamu dapat memakai nama domain dengan kata writer didalamnya. Tidak hanya menaikkan elok, metode ini pula jadi trik supaya nama domain lebih branded dan lebih banyak opsi ekstensinya. 

Memilah Layanan Website Hosting 

Terdapat bermacam- macam layanan website hosting yang dapat digunakan buat membuat web portofolio yang menarik. Mulai dari paket shared hosting, unlimited hosting, WordPress Hosting, sampai Dedicated Server. 

Jadi gimana metode memastikan layanan hosting yang cocok kebutuhan? Bila Kamu baru membangun web portofolio, paket Shared Hosting umumnya telah lumayan buat mengakomodir kebutuhan. Bayaran sewa shared hosting pula relatif murah sebab dalam satu server dipakai secara kolektif ataupun bersama- sama. 

Instal Platform Website 

Tipe platform yang kerap digunakan buat membuat web portofolio merupakan WordPress. CMS (Content Management System) yang satu ini dapat dibilang telah lumayan mumpuni buat mengakomodir bermacam fitur web. 

Mulai dari fitur chat, taman testimonial, slider buat contoh project, sampai kustomisasi taman kontak, WordPress memiliki seluruhnya. Sebagaimana kita tahu, web portofolio pada biasanya tidak membutuhkan sangat banyak fitur mutahir. 

Jadi, Kamu dapat buatnya dengan lebih fleksibel serta kilat memakai CMS WordPress, Joomla, ataupun yang yang lain. 

Mengendalikan Plugin 

Plugin merupakan add on yang dapat menolong menaikkan fitur- fitur web, tidak terkecuali web portofolio online. Berikut ini ialah sebagian contoh plugin terkenal yang biasa digunakan buat menunjang web portofolio: 

  • Elementor 

Berperan buat membuat layout desain supaya lebih menawan serta menarik. Dengan memakai Elementor, Kamu tidak butuh melaksanakan coding secara manual, sebab tiap pergantian dapat dicoba secara langsung lewat skema drag and drop. 

  • Contact form7 

Plugin ini membagikan kemudahan untuk wisatawan buat mengirimkan pesan ataupun anjuran. Tidak hanya itu, Contact Form 7 pula dibekali ekstensi add- on lain semacam kolom subscribe newsletter email, form unduh serta lain sebagainya. 

  • Yoast SEO 

Siapa sih yang tidak tahu dengan plugin ini? Yoast SEO begitu terkenal digolongan blogger ataupun website pengembang sebab sanggup tingkatkan visibilitas konten di mata Google. Secara universal, plugin ini hendak membagikan anjuran supaya taman Kamu lebih SEO Friendly sehingga sanggup menempati posisi maksimal di mesin pencari. 

Memastikan Desain 

Sesi yang satu ini bisa jadi jadi langkah sangat mengasyikkan sekalian menyebalkan. 

Gimana tidak? Dikala ini, terdapat ratusan ataupun apalagi ribuan template yang dapat digunakan buat membuat cantik tampilan web portofolio Kamu. Terlepas dari itu, buat memastikan desain yang sesuai cobalah memilah bersumber pada tren. 

Contohnya, di tahun 2020 ini lagi booming flat desain dengan corak warna pastel. Hingga Kamu dapat turut membuat desain web portofolio dengan mempraktikkan pakem ini.

Menaikkan Konten 

Terakhir, Kamu butuh meningkatkan konten supaya web portofolio berperan sebagaimana mestinya. Tidak butuh pusing dalam memastikan konten, sebab Kamu dapat membuat konten bersumber pada proyek yang sempat dikerjakan.Tidak hanya itu, tambahkan pula konten buat taman About Me, Bio, serta pula pengalaman, buat mempermudah recruiter yang tertarik bekerja sama dengan Kamu.

Posting Komentar

0 Komentar