Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips untuk Kamu yang Mendapatkan Tawaran Pekerjaan di Luar Kota

Psikonesia - Dunia profesional memang sangat luas, di dalamnya memiliki banyak sekali posisi, cabang dan juga deskripsi pekerjaan. Ada pula yang harus berpergian ke luar kota sehingga menyewa rental mobil bulanan untuk memantau agar proyek berjalan dengan lancar. 

Oleh sebab itu sebelum kamu melamar sebuah pekerjaan dengan posisi tertentu ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu bagaimana dan apa pekerjaan utama dari pada posisi tersebut. 

Untuk kamu yang sedang mendapatkan penawaran untuk bekerja di luar kota, terapkan beberapa tips di bawah ini agar pekerjaan kamu dapat berjalan dengan lancar.

1. Memperhitungkan Biaya Hidup

Setiap daerah memiliki UMR dan UMK masing-masing yang bisa saja terpaut jauh dari pada daerah tempat kamu tinggal. Pada saat menerima tawaran untuk bekerja coba perhatikan gaji pokok atau tunjangan yang akan kamu terima dengan biaya hidup di sana. 

Selain itu kamu juga harus mempertimbangkan masa kerja di daerah tersebut, apakah sementara dalam jangka waktu beberapa bulan saja, atau ada kewajiban untuk menetap. Dengan menaksir pemasukan dan pengeluaran maka kamu akan dapat meminimalisir resiko yang akan terjadi. 

2. Perhatikan Kultur

Kota baru bisa juga memiliki kultur dan budaya yang baru. Banyak orang yang mengalami “culture shock” yang mana mereka merasa tidak biasa dengan kebiasaan orang di daerah tersebut sehingga menyebabkan orang tersebut salah dalam bertindak dan terkadang juga menyebabkan stress. 

Hal ini akan bermanfaat pada saat kamu akan melakukan kerja sama tim, memahami budaya baru di kota yang akan kamu datangi akan membantu kamu untuk cepat beradaptasi. 

3. Keamanan

Faktor ini juga salah satu faktor yang paling penting untuk kamu perhatikan. Ada beberapa daerah yang memiliki tingkat keamanan yang rendah ada pula yang tinggi. Kamu bisa melihat bagaimana lingkungan tempat tinggal, kantor hingga perjalanan antar kedua tempat tersebut yang akan kamu lewati setiap harinya. 

Untuk itu kamu perlu menanyakan rekan kerja kamu tentang bagaimana kondisi lingkungan sekitar. Kamu juga perlu menyiapkan diri dengan berbagai persiapan seperti selalu waspada, mengunci pintu dan lain sebagainya.

4. Memperhatikan Tempat Pelayanan Umum

Tempat pelayanan umum juga penting untuk kamu ketahui hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan hal yang mendesak. Oleh sebab itu cari tau lokasi pelayanan umum seperti rumah sakit, apotek, pasar, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Dengan mengetahui hal tersebut kamu akan dapat memenuhi semua kebutuhan kamu dengan tenang. 

4 hal tersebut merupakan hal yang bisa kamu perhatikan apabila kamu ingin bekerja di luar kota. Kebutuhan perusahaan terkadang tidak bisa kamu prediksi, oleh sebab itu kamu harus mempersiapkan segala kemungkinan. Sebagai contoh sebuah proyek pembangunan membutuhkan manajemen proyek konstruksi yang baik dan harus selalu dipantau setiap saat agar proses berjalan dengan lancar.

Posting Komentar

0 Komentar