Ticker

6/recent/ticker-posts

Jenis Investasi Online Untuk Pemula Beserta Cara Memulainya

Psikonesia ID - Apakah Anda sempat berniat untuk investasi? Ya, cara mendapatkan profit dengan cara investasi memang sangat menjanjikan dan potensial apabila dilakukan dengan mekanisme dan cara yang tepat. Karena pada akhirnya, selain profit, setiap usaha tentunya berdampingan dengan resiko yang harus diminimalisir. 

Agar berhasil, Anda mesti cermat mengatur bagaimana memulai investasi dengan baik. Salah satu pilihannya, saat ini Anda bisa coba tuk memilih investasi online yang bisa dijalankan dan diawasi dimana pun Anda berada, dengan sangat mudah. Dengan ragam platform investasi online, banyak produk investasi yang bisa Anda pilih sesuai analisa dan kecocokan masing-masing. 

Jenis-Jenis Investasi Online yang Bisa Anda Coba

Di bawah ini kami akan paparkan terkait jenis-jenis investasi online yang bisa dipilih. Silahkan Anda amati, pahami, mana sih produk investasi yang sekiranya Anda cocok menanam modal di sana. 

Reksadana

Bagi Anda yang baru akan masuk ke dunia investasi, Reksadana menjadi salah satu jenis investasi yang cukup direkomendasikan. Secara sederhana, reksadana bisa diartikan sebagai jenis investasi yang dimana dana yang terkumpul dari para investor akan dikelola oleh manager investasi. Pengelolaan itu, tentu saja akan menghasilkan sebuah profit dari dana yang diinvestasikan. Reksadana dianggap tepat karena resiko nya sangat kecil dibandingkan jenis yang lain. 

Peer to Peer Lending

Selain reksadana, Peer to Peer Lending atau P2P Lending cukup banyak diminati belakangan ini. Alasannya jelas, tren pinjaman online menjadi salah satu penyebab naiknya jenis investasi ini ke permukaan. Singkatnya, P2P Lending merupakan salah satu tempat yang menghubungkan antara investor dan peminjam dana. Jika Anda bertindak sebagai investor, maka keuntungan bisa Anda peroleh dari bunga pinjaman yang Anda berikan ke peminjam. 

Obligasi Negara Ritel

Nampaknya, semenjak pernyataan Jowoki terkait Obligasi, kini banyak masyarakat yang mengalokasikan dananya untuk investasi obligasi. Sederhananya, obligasi merupakan surat hutang yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. Nah, dari surat hutang itu, kita bisa bertindak sebagai investor dengan memberikan pinjaman kepada pemerintah atau negara. 

Sebagaimana umumnya, keuntungan bisa kita dapatkan dari bunga atas pinjaman dana yang kita pinjamkan. Saat ini, berinvestasi obligasi pun bisa dilakukan melalui platform P2P Lending loh, lebih simpel dan aman. 

Emas

Kata orang, investasi emas tidak memiliki resiko, benarkah? Tentu tidak. Karena setiap bentuk investasi memiliki resiko yang menyertainya. Hanya saja, investasi emas bisa disebut sebagai jenis investasi yang dengan resiko yang kecil. Agar tidak rugi, kita bisa menyiasatinya dengan tidak menjual emas ketika harga sedang anjlok. Tunggulah harga jual terbaik, tinggi, barulah dijual. 

Bagaimana Cara Cermat Memulai Investasi?

Setelah mengetahui jenis-jenis investasi di atas, berikutnya Anda perlu menyiapkan cara terbaik memulai investasi agar sukses dan tidak merugi. Adapun cara yang bisa Anda terapkan, ialah berikut ini. 

Buatlah Rencana Janga Panjang

Inti dari investasi adalah kesabaran, maka cermatlah ketika membuat rencana jangka panjang. Maksudnya, apa sih yang ingin Anda gapai dengan investasi itu? Jangan sampai, hanya terpicu keuntungan kecil, Anda sudah tergiur dan melupakan tujuan dan rencana jangka panjang. Begitu rencana dan tujuan sudah ditetapkan, fokus, dan ambil kartu truft Anda saat hasil investasi sudah sesuai dengan rencana di awal. 

Atur dengan Bijak Dana untuk Investasi

Sebesar apapun keuntungan, jangan terlalu ambisius dengan mengalokasikan semua dana yang Anda punya untuk investasi. Pastikan, dana yang akan Anda investasikan tidak mengorbankan kebutuhan primer Anda. Jangan sampai, Anda tidak makan hanya agar dana investasinya besar. Apalagi perolehan hasil belum pasti, maka semua perlu diatur dengan baik. 

Pilih Produk Investasi

Jika dua poin di atas sudah ditimbang dengan baik, berikutnya Anda tinggal memilih jenis investasi yang cocok sesuai tujuan atau anggaran keuangan Anda. Memilih P2P Lending, Reksadana, obligasi, ataupun Emas, pastikan Anda sudah mempertimbangkan atas dasar dua poin sebelumnya. 

Demikianlah uraian yang bisa kami paparkan terkait jenis investasi beserta cara memulai investasi agar tidak merugi. Selamat mencoba.

Posting Komentar

0 Komentar