Ticker

6/recent/ticker-posts

Keren! Inilah 5 Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Psikonesia - Kekayaan kuliner Indonesia tidak sepatutnya dipertanyakan lagi perihal keragaman dan kenikmatannya. Selain mempunyai bermacam-macam suku serta bangsa, Indonesia pun mempunyai bermacam santapan khas dari tiap daerahnya masing-masing. Ayolah, aku yakin, di daerah kalian pasti memiliki makanan khas tersendiri, bukan?

Kalau saya sendiri, berasal dari Blitar. Sudah tahu kan apa makanan khas di kota ini? Yups, pecel Blitar yang sudah terkenal santero negeri. Bahkan tak sedikit loh para wisatawan baik lokal maupun internasional yang berkunjung ke kotaku ini terpikat dengan kenikmatan pecel Blitar yang beda dengan lainnya.

Emm berbicara tentang Makanan Khas Indonesia, tahukah kamu bahwa makanan khas kita ini ada yang sudah menyapa warga di belahan negara lainnya loh. Aku serius! Banyak makanan khas Indonesia yang sudah banyak dinikmati oleh orang-orang di luar negeri sana.

Penasaran, apa saja makanan khas Indonesia yang sudah terkenal hingga luar negeri? Nah, berikut ini kami akan berikan sajian lengkapnya perihal 5 makanan khas Indonesia yang telah mendunia. Cekidot! 

Soto Ayam

Source: Craftlog
 
Nyaris tiap wilayah di Indonesia mempunyai santapan soto yang berbeda- beda. Kalau ditelisik, soto ayam yang paling populer sih, yaitu soto ayam Lamongan. Beh, kaldunya yang begitu sedap, kental, nan menggugah selera bikin kalian tak ingin berhenti menikmatinya. Meski demikian, ada juga beberapa kota lainnya yang memiliki varian sotonya sendiri.

Percaya atau tidak, bahwa soto ayam nyatanya pernah menjelajah hingga ke negeri Sakura Jepang loh. Salah satu buktinya, soto ayam telah jadi santapan langganan festival santapan di Jepang. Kegiatan festival tersebut diselenggarakan oleh persatuan pelajar Indonesia di Jepang. Ittadakimatsu! 

Rendang

Source: solopos

Santapan khas Sumatera Barat ini memanglah jadi primadona banyak orang dari bermacam wilayah di Indonesia. Siapa sih yang enggak tergoda dengan daging yang dimasak empuk, ditambah bumbu kental yang khas banget ini. Oh ya, bahkan rendang pernah dinobatkan menjadi santapan paling lezat di dunia pada tahun 2011 loh.

Rendang kerap pula dijadikan menu utama dalam bermacam even dan kegiatan internasional yang diadakan Indonesia. Dengar-dengar nih, beberapa bule rela berkunjung ke Indonesia hanya untuk menyantap rendang dan nasi padang. Wow amazing.

Sop Buntut

Source: meramuda

Santapan Indonesia yang mendunia berikutnya tak lain ialah sop buntut. Sop buntut merupakan salah satu santapan olahan daging sapi terbaik di Indonesia. Santapan yang berbahan dasar buntut (ekor) sapi ini pun sempat disajikan dalam salah satu kegiatan kedutaan RI di Madrid, Spanyol. Meski sederhana, nyatanya makanan satu ini begitu terkenal. Mungkin Messi pernah makan juga kali ya? 

Tempe

Source: Jybmedia

Tempe dapat dikatakan sebagai santapan yang sangat sederhana nan merakyat. Harga tempe sangat terjangkau serta gampang diolah jadi bermacam santapan lezat. Bahkan digoreng saja dicampur sedikit garam, makanan ini sudah sangat nikmat.

Tempe ini telah banyak diminati oleh banyak orang di dunia. Di Jepang, terdapat orang Indonesia yang berbisnis tempe, pun diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang. Di London. kita bisa menemukan suatu tempat makan street food bernama Warung Tempeh. Wah, kira-kira di luar negeri sana orang lebih suka tempe dimasak semacam apa ya? 

Gado- Gado

Source: Idntimes

Terakhir, terdapat gado-gado yang merupakan santapan khas Betawi. Kombinasi sayur-mayur yang disiram dengan saus kacang ini lezatnya enggak kalah dengan salad. Gado-gado pun pernah masuk ke dalam deretan santapan Indonesia yang mendunia, loh. Pada tahun 2010, gado-gado yang diikutsertakan dalam suatu lomba masak internasional di Napoli, Italia, pun sukses memperoleh juara 1 dalam jenis tampilan sajian estetika.

Wah keren sekali ya! Aku sebagai orang Indonesia turut bangga karena makanan khas kita turut memuaskan lidah orang-orang di belahan dunia. Jika boleh ditambahkan, satu lagi makanan asal Indonesia yang telah mendunia, yaitu Indomie. Hehe

Posting Komentar

0 Komentar